Monday 13 August 2012

Masjid Tuo Kayu Jao - Solok


Masjid Tuo Kayu Jao adalah salah satu masjid tertua di Indonesia yang terletak di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus,Kecamatan Gunung TalangKabupaten SolokSumatera Barat. Masjid yang tercatat telah berdiri sejak tahun 1599 ini merupakan masjid tertua di Kabupaten Solok dan tertua kedua di Indonesia yang masih berdiri sampai saat ini.

Masjid Tuo Kayu Jao juga merupakan salah satu cagar budaya di Sumatera Barat yang diawasi oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala. Masjid ini telah beberapa kali mengalami pemugaran, seperti pemugaran salah satu tiang dan penggantian atap ijuk yang lama dengan yang baru karena telah lapuk. Meskipun telah beberapa kali dipugar, keaslian masjid ini masih tetap dipertahankan. Namun dalam pemugaran terakhir, warna cat masjid ini yang sebelumnya putih diganti menjadi coklat kehitaman.

Saat ini selain digunakan untuk aktivitas ibadah umat Islam, masjid satu lantai ini juga digunakan sebagai sarana pendidikan agama bagi masyarakat, bahkan telah menjadi salah satu daya tarik wisata terkenal di Sumatera Barat terutama di Kabupaten Solok.

Sumber Wikipedia

Walaupun saya masih belum lagi berpeluang sampai di daerah Solok, Sumatera Barat Indonesia. Saya pasti akan melihat sendiri keaslian Masjid ini dengan lens sendiri. Masjid ini telah dibaikpulih oleh pihak Indonesia agar memastikan keselamatan dan sejarah masjid ini bertahan lama. Kehadiran Islam telah 400 tahun bertapak di Solok. Namun di daerah Solok, terdapat lokasi yang menarik seperti tanaman teh dan sungai air panas.










No comments:

Post a Comment